Flasdisk menjadi salah satu media penyebar virus terbesar saat ini setelah menggantikan disket pada jamannya beberapa tahun yang lalu. Kemudahan flashdisk yang kecil dan bisa berpindah-pindah dari 1 komputer ke komputer lain menjadi penyebab media ini sebagai jalan suatu virus untuk menjangkiti komputer.

Pada dasarnya flashdisk merupakan media pasif, sehingga program apapun yang di install di dalam flashdisk tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa adanya sistem operasi. Jadi, walaupun di dalam flashdisk sudah terinstall anti virus sekalipun, dia tidak akan bisa melindungi dirinya sendiri.

Yang dimaksud Dumy File disini adalah file buatan sendiri yang isinya terserah anda, tetapi yang terpenting adalah ukuran Dummy File sama dengan ukuran sisa space flashdisk yang tersisa. Dengan begitu, flashdisk akan terisi penuh oleh Dummy File tersebut sehingga tidak ada space kosong di flashdisk anda, dengan begitu secara otomatis flashdisk tidak dapat ditambah atau ditulisi data termasuk memodifikasi file terutama file virus yang tidak anda inginkan. Dengan cara ini, flashdisk anda sedikit aman, karena virus tidak bisa menduplikasi diri ke dapam flashdisk anda. Kemudian, jika anda hendak menambah file ke dalam flash disk anda, anda tinggal menghapus Fummy File yang ada pada flashdisk anda
Membuat Dummy File Dengan DOS atau Command Prompt
Pada sistem operasi Windows, anda bisa menggunakan tool kecil yang bernama FSUtil. FSUtil memiliki banyak fungsi yang diantaranya adalah FSUtil bisa membuat file baru dengan ukuran sesuai keinginan anda. Untuk membuat file seukuran sisa space flashdisk anda, ikuti cara berikut ini:
Terlebih dulu, anda harus mengetahui sisa space pada flashdisk anda. Untuk mengetahuinya, klik kanan pada drive flashdisk anda lalu pilih Properties, anda akan melihat berapa ukuran yang tersisa pada flash disk anda.

  1. Terlebih dulu, anda harus mengetahui sisa space pada flashdisk anda. Untuk mengetahuinya, klik kanan pada drive flashdisk anda lalu pilih Properties, anda akan melihat berapa ukuran yang tersisa pada flash disk anda.
  2. Setelah anda mengetahui sisa ruang kosong flashdisk anda, buka Command Promt dengan cara klik Start > All Programs > Accessories > Command Prompt atau Tekan windows + R lalu ketikan cmd
  3. Ketikkan perintah: fsutil file createnew “D:hynix.dat” 2048000 dan tekan Enter, anda akan melihat pesan bahwa Dummy File telah berhasil anda buat.
Note : Nama file “Hynix.dat” bisa anda buat bebas terserah anda.




0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =